Google
 

3G > Peluang Bisnis High Tech
Sunday, October 01, 2006
Harus diakui, teknologi selular saat ini berkembang sangat pesat. Terakhir, penemuan platform 3G sebagai kelanjutan generasi 2G memungkinkan komunikasi multimedia tanpa batas jarak dan waktu. Munculnya generasi terbaru ini ditandai dengan makin lebarnya kanal data yang dihasilkan.

BERBAGAI aplikasi berbasis multimedia bisa melewati platform 3G, plus run in anywhere and anytime when we want. Contohnya UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) yang mampu menghadirkan kecepatan akses hingga 384 Kbps.

Namun, 3G versi GSM ini bisa jauh dilampaui oleh teknologi CDMA (Code Division Multiple Access) 2000-1X EV-DO dengan date rate teoritis mampu mencapai angka 2,4 Mbps. Hal ini semoga menjadi pertimbangan para operator GSM untuk lebih matang menggarap teknologi ini.

Beruntung, perbedaan teknologi keduanya menjadi tidak begitu mendasar mengingat fungsi dan manfaat teknologi yakni menyediakan bandwidth data yang lebar. Sehingga memungkinkan berbagai aplikasi multimedia dibenamkan ke dalamnya.

Migrasi 3G

Lompatan evolusi GSM menuju 3G dimulai ketika operator GSM mulai menerapkan teknologi GPRS. Lewat terobosan tersebut, pengguna selular GSM diperkenalkan dengan layanan data yang lebih baik dari sebelumnya. Disusul dengan berkembangnya EDGE (Enhanced Data for GSM Evolution) yang menghadirkan layanan kualitas dan akses data berstandar 3G ITU (International Telecommunication Union). Namun saat ini masih dalam koridor alokasi spektrum frekuensi yang digunakan oleh existing operator GSM (layanan masih bersifat terbatas dan hanya dikawasan tertentu saja).

UMTS memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, misalnya saja UMTS mempergunakan kanal 5 Mhz (wideband) sedangkan EDGE hanya menggunakan 200 Khz. Jaringan UMTS berbeda dengan jaringan struktur GSM, sehingga operator membutuhkan investasi yang tidak sedikit, mulai dari switching sampai elemen radio. Berikut reka beberapa elemen dalam existing GSM yang perlu dilakukan ketika masuk ke UMTS:

1. Handset

• Sebagian besar operator UMTS juga merupakan operator GSM. Sehingga sistem operasi ponsel UMTS menganut sistem dual mode GSM/UMTS. Contohnya pada Nokia 7600. Jadi proses handover juga dapat berjalan bagus, layaknya dari GPRS ke EDGE.

• Dibutuhkan kartu SIM khusus, disebut USIM (UMTS SIM) card. Kartu ini sudah diterapkan di Inggris oleh operator Vodafone dan Hutchison. Kapasitas memori USIM card ini mencapai128 Kb. Kelak, pelanggan GSM hanya akan meng-upgrade kartunya saja.

2. Radio Network dan Core Network

• Elemen UTRAN (UMTS Terestrial Radio Network) berupa perangkat WCDMA base station, ditambahkan pada komponen BTS.
• Upgrade pada existing core network ke 3G core network.
• Pola charging berdasarkan paket data, seperti halnya GPRS dan EDGE.
• UMTS mampu diset untuk kebutuhan coverage tertentu, misalnya daerah urban, sub urban, maupun rural urban.
• Antena UMTS dapat dioperasikan secara co location dengan BTS standar untuk GSM/GPRS.

Peluang Bisnis Terbuka Luas

Melihat peluang semakin besarnya wideband dan kecepatan akses yang tinggi, terdapat sangat banyak model aplikasi yang bisa dikembangkan, seperti:
1. Layanan Medis
- Pengecekan kesehatan mobile
- Catatan rekam medis
- Layana keperawatan
2. Transportasi
- Sistem Navigasi
3. Entertainment
- Mobile Online games
- Akses Internet
- Data Content
- TV digital mobile
4. Mobile e-commerse
- Mobile order
5. Komunikasi
- Citizen communication / vidio phone
6. Business
- Video conference
- Dll


Beragam model aplikasi yang dikembangkan akan mendorong semakin banyaknya fitur layanan yang bisa digarap untuk meningkatkan revenue perusahaan. Dari bermacam model, mari terlebih dahulu kita lihat tiga model yang sangat memungkinkan untuk diterapkan, yakni :

1. Videophone
Berkomunikasi dengan handphone tetapi tetap mampu melihat wajah lawan bicara merupakan pengalaman baru yang sangat menarik tentunya. Meskipun gambar video yang muncul mungkin delay dengan kualitas suara mono, akan tetapi karakter yang muncul tetap terlihat dengan jelas.

2. Video Conference
Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk komunikasi internal perusahaan. Bayangkan ilustrasi dari laptop yang terhubung dengan jaringan 3G, si bos bisa dengan mudah berkoodinasi jarak jauh dengan beberapa staff sekaligus yang memiliki handset video 3G.

3. Akses High Speed Internet
Berbeda dengan GPRS yang sekarang sudah berjalan dan kecepatannya terbatas, jaringan 3G memungkinkan akses internet PC yang terhubung dengan leased-line menjadi lebih cepat. Karena memiliki bandwidth besar, akses internet di ponsel pun bisa berlangsung lebih cepat dan nyaman.

Akan lebih baik dan menguntungkan apabila operator dengan coverage luas melakukan layanan tersebut . Untuk itu operator cukup meng-upgrade jaringannya ke 3G.
 
posted by Admin at 11:24 AM | Permalink