Google
 

Kerja Akses Nirkabel
Saturday, December 16, 2006
Dilihat dari pola operasinya WiMAX memiliki kesamaan dengan system pada WLAN (wirleless local area network). Hanya saja perlu dicatat, pada WLAN seperti Wi-Fi dapat dioperasikan tanpa dukungan operator serta pemanfaatan frekuensi tidak diatur.

Hal sebaliknya WiMAX dalam penggelarannnya membutuhkan dukungan operator, bisa pula berupa ISP (internet service provider). Nah, jika pada WLAN terdiri dari AP (access point) yang tersambung ke jaringan kemudian pelanggan terhubung ke AP lewat device WLAN.

Konfigurasi Layanan PMP (Point to Multi Point)
Pola konfigurasi ini adalah bentuk penyaluran akses langsung ke beberapa pelanggan. PMP bekerja mirip dengan system hotspot Wi-Fi yang ada di kafe atau mall.
Soal kemampuan tenntu bergantung pada kualitas bandwidth yang ditawarkan oleh operator. Semakin banyak SS yang menggunakan bisa dipastikan kapasitas bandwidth akan berkurang dan kualitas bakal menurun. Begitu pula sebaliknya.

Konfigurasi Layanan P2P (Point to Point)
Biasanya pola ini digunakan untuk system backhaul atau transport, atau bisa juga antara koneksi BS WiMAX dengan satu SS saja.

Konfigurasi Layanan Mesh Pada system ini BS digunakan sebagai interface ke core network, untuk menjangkau pelanggan yang berada di luar jangkauan suatu BS, terminal pelanggan atau CPE dapat bertindak sebagai router atau repeater bagi terminal pelanggan lainnya. Konfigurasi layanan mesh jika benar-benar diterapkan bisa menjadi kompetitor selular.

Pola Pengaturan Sinyal Wi-Max
Seperti juga berlaku pada pola pengaturan sinyal di elemen wireless dikenal LOS (line of sight) dan Non LOS (NLOS). LOS diartikan pancaran sinyal dari pengirim dan penerima tembung pandang secara langsung tanpa adanya rintangan. Bila kriteria tersebut tak terpenuhi maka penerimaan sinyal akan menurun drastis. Kondisi LOS dan Non LOS berkaitan dengan daerah pancar antara BS dan SS yang dikenal dengan sebutan Fresnel Zone. Sedang kondisi NLOS sinyal sampai pada penerima melalui media pemantulan, pemencaran dan pembiasan.
 
posted by Admin at 2:17 PM | Permalink