Google
 

Nyaman Liburan Ala 3G
Thursday, December 07, 2006
Ketika era 3G tiba, tiap orang berkesempatan mengabadikan dan menceritakan kepada dunia tentang liburannya. Sudah jamak diketahui bahwa kelebihan teknologi 3G adalah dalam soal komunikasi berbasis multimedia, antara lain video call. Maka layanan 3G ini tampaknya akan mendorong orang untuk berbagi cerita secara visual dan multimedia, baik secara realtime maupun tunda, melalui ponselnya. Kemudahan yang ditawarkan ponsel adalah mobilitasnya, sehingga apapun yang dijumpai bisa segera langsung di-share, tanpa proses lanjutan lagi.


Mobile blogging seperti ini memang sudah bisa ditemui sejak jaman MMS. Namun dengan keberadaan layanan broadband 3G, layanan seperti itu bisa diperluas dengan video blog, misalnya seperti yang disediakan oleh Moblog (www.moblog.com.sg).


Selain blogging tentu saja masih banyak layanan-layanan berbasis 3G yang bisa dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi multimedia ketika orang berlibur. Ide dasarnya adalah membuat liburan menjadi menyenangkan karena tidak dibikin ribet oleh keharusan membawa berbagai peranti pendukung. Selain itu, liburan juga tetap damai karena urusan-urusan penting dan darurat jika mau juga tetap bisa dikerjakan dari lokasi liburan.


Aplikasi Pas untuk Liburan
MyVideo Blog
Salah satu contoh video blog yang berhasil adalah MyVideoBlog yang sekarang sudah menggaet lebih dari 70 ribu pelanggan di seluruh Itali. Layanan ini diselenggarakan oleh Mobaila, sebuah content provider, yang bekerjasama dengan Operator 3 di Itali. Operator 3 ini sendiri merupakan perusahaan yang tergabung dalam kelompok Hutchison Whampoa Group, dan pada akhir 2005 lalu telah memiliki lebih dari 5,5 juta pelanggan.

Untuk mengakses layanan ini caranya sederhana, cukup dengan melakukan video call ke nomor premium 4380. Kemudian para pelanggan bisa merekam ‘postingan’ video mereka, memperkenalkan diri dan menceritakan kehidupan mereka, lalu bisa mengidentifikasikan diri dengan beberapa karakter utama yang disediakan: Elio e Le Storie Tese, Terry, Stefania, Valeria, dan Joe VJ.

Selain itu, pelanggan juga bisa mend-download klip video paling lucu atau paling cerdas minggu itu, langsung ke ponsel mereka. Layanan ini tersedia di portal mobile bernama Planet 3, pada bagian yang khusus dipersembahkan untuk MyVideo Blog.

3G Video Blog dari Ironroad
Layanan ini memungkinkan pelanggan untuk masuk dan mencari video blog favoritnya dalam menu yang terpampang. Selain menonton video yang diminati, mereka juga bisa melihat video-video yang dikirim sebelumnya, merekam komentar atau mendengarkan komentar orang lain. Kalau sesorang memberikan komentar pada video tersebut, pemiliknya akan mendapatkan notifikasi melalui SMS.


Orang Tua Tenang dengan i-Kids Service
Layanan ini membantu orang tua melindungi keamanan anak-anak melalui Global Position Service (GPS) dan jaringan seluler, dalam hal ini SK Telecom. Dengan layanan ini orang tua akan bisa mengetahui lokasi keberadaan si anak dan semua pergerakan mereka selama ada di lokasi liburan. Ada fitur Safety Zone Service yang akan segera memberi peringatan jika si anak keluar dari zona yang sudah ditetapkan tersebut. Dalam konteks liburan, layanan ini bisa digunakan untuk kebutuhan koordinasi rombongan, misalnya. Anal aman, oarang tua pun tenang.


Transport Info
Mau berlibur ke Australia? Cobalah layanan yang diberikan oleh Hutch 3 di Australia. Pelanggan akan mendapatkan berbagai informasi yang up-to-date tentang sistem transportasi publik di kota-kota di Australia, seperti Canberra, Sydney, Darwin, Brisbane, Adelaide, Melbourne, dan Perth. Transportasi yang dicakup adalah bis, kereta api, trem, dan kapal feri. Bagus juga bila juga diterapkan di Indonesia.


Portal 3G
Selain menyerahkan content kepada pihak lain, operator juga bisa menyediakan content sendiri. Umumnya mereka menyediakan portal berisi segala macam muatan. Kita bisa mencari layanan informasi dan komunikasi multimedia melalui portal ini. Content yang berharga pada saat liburan misalnya adalah informasi-informasi traffic alias lalu-lintas dan transportasi, layanan download, layanan posting foto untuk di-share, game untuk mengusir jenuh, dan sebagainya.


Selain operator, vendor handset 3G bekerja sama dengan penyedia aplikasi Internet juga berkiprah. Simak saja misalnya Flickr yang digandeng Nokia untuk dapat menampung foto-foto yang diambil dari ponsel N Series dan kemudian dikirim langsung dari ponsel tersebut. Flickr adalah semacam portal untuk sharing foto di Internet yang popularitasnya kian menanjak. (FBI-hri)


CONTENT KESUKAAN ORANG INDONESIA

Pada dasarnya 3G hanyalah medium yang lebih gegas dalam melantarkan data. Content dan aplikasinya sendiri bisa menggunakan langsung atau mengembangkan dari yang sudah pernah ada di dunia 2G.


Bicara tentang content 2G, menurut survei Siemens terhadap negara-negara Asia Pasifik tahun 2004, ada karakteristik unik tiap masyarakat tentang aplikasi dan content yang paling diminati. Orang Indonesia paling suka aplikasi download muatan hiburan, baru kemudian ragam informasi, e-mail via SMS, dan aplikasi kencan (dating).


Fun download memang merupakan aplikasi yang paling diminati masyarakat, misalnya di Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Australia, Cina, dan Indonesia. Layanan informasi membuntuti di tempat kedua. Internet melalui peranti mobile menduduki tempat ketiga favorit. Beruntun membuntuti adalah layanan SMS untuk chatting dan SMS untuk game.


Asia Pasifik sendiri adalah kawasan yang subur untuk pertumbuhan content dan aplikasi. Namun hal yang sama juga berlaku di kawasan Eropa, terutama kaum mudanya. Saking demennya remaja Inggris men-download lewat ponsel, untuk pertama kalinya dalam 50 tahun terakhir, penjualan coklat di negeri ini jatuh dari 1,84 miliar Euro menjadi hanya 1,73 miliar Euro.
 
posted by Admin at 10:56 AM | Permalink