Google
 

Zuper Akses ala Z
Thursday, December 07, 2006
Komunikasi via Zig Bee sudah dikenalkan tahun lalu, belakangan muncul Z Wave yang merupakan paduan serasinya. Jadilah Z untuk keduanya mendukung komunikasi andal dalam jaringan jarak dekat. Baru-baru ini Excelcom mengenalkan solusi bisnis bagi perusahaan yang mengandalkan teknologi Wi-Fi, GPRS wireless acces di VPN, LBS, dan mobile hunting sistem yang mengintegrasikan layanan selular GSM dengan sistem PABX. Tapi model layanan yang sebenarnya sudah ketinggalan jaman ini belum mengakomodasi aplikasi corporate GSM yang berbasis teknologi baru.
Salah satunya yang sedang booming di Amerika dan Eropa adalah mengembangkan konsep dari physical radio channel (PHY) dan personal area network (PAN) yaitu jaringan network jarak dekat yang menghubungkan alat wireless satu dengan yang lainnya pada daerah segitiga emas di pusat bisnis. “XL memang membidik daerah pusat bisnis untuk layanan korporasi, tapi untuk melirik teknologi PAN baru, kami harus melakukan uji coba dulu, “ ujar Joedi Wisuda, general manager business solution Excelcom memberi alasan.
Anda bisa menyebut Z untuk Zig Bee dan Z Wave, dua model komunikasi PAN yang tidak berbeda jauh penggunaannya. Z dipilih karena satu alasan utama dari para vendor yaitu harga instalasinya yang sangat murah. Dibandingkan dengan model lain, Z hanya membutuhkan biaya kurang dari $1 untuk chip. Z juga jelas mendukung komunikasi single point-to-point, tapi juga multi direction untuk komunikasi antar devices hingga maksimal 50 alat langsung. Z dapat mengirimkan informasi data berupa teks kepada pengguna lainnya tanpa memerlukan adapter tambahan hingga 300 meter pada 50 alat. Pada beberapa uji coba Z dapat terhubung hingga lebih dari 6500 jenis alat mulai dari remote tv, lampu, instalasi listrik, ponsel, hingga alarm anti kebakaran.
Di Amerika misalnya, beberapa apartemen sudah terhubung dengan sistem ini. Tenaga kerja di sana tidak perlu lagi repot-repot memadamkan lampu taman secara manual atau mengkontrol penggunaan listrik tiap pengguna, pesan singkat SMS yang dibawa Z akan melakukan semuanya.
 
posted by Admin at 9:44 AM | Permalink