Google
 

Selular versus VoWi-Fi ?
Thursday, December 07, 2006
Cepat atau lambat teknologi selular akan berhadapan dengan teknologi basis data Wi-Fi (wireless fidelity) yang berevolusi mampu menjalankan fungsi voice calling. Tapi pertarungan itu belum akan masuk ke area mass service.

Wi-Fi yang berjalan lewat IP (internet protocol) punya batasan kapabilitas, yakni terbatasnya area service. Wi-Fi masuk dalam terminologi WLAN (wireless local area network) yang diusung tidak lain yakni konsep VoIP (voice over internet protocol).

Dalam konteks selular versus VoWi-Fi, perlu dibatasi pemahaman bahwa kedua teknologi ini cukup pantas di bandingkan pada kondisi di dalam bangunan/indoor area yang memang menjadi ‘lahan’ pas untuk menggelar VoWi-Fi.

John Spindler, vice president of marketing LGC Wireless menyebutkan baik VoWi-Fi dan selular sama-sama punya peluang kuat dalam mendukung layanan corporate in building area. Keduanya punya keunggulan dan kekurangan masing-masing. Seperti diketahui hampir setiap operator telah menangkap peluang dalam bisnis corporate solution.

Di dalamnya sudah termasuk beragam layanan komunikasi antar karyawan dengan biaya paket khusus. Wujudnya bisa seperti GSM PABX integration, offize zone sampai VPN (virtual private network). Meski dinilai mampu menekan cost, tetap saja ada biaya yang harus keluar ke operator. Untuk itulah hadir VoWi-Fi sebagai solusi.
 
posted by Admin at 9:56 AM | Permalink