Google
 

Technologi WiMAX Setara Generasi 4G
Thursday, December 07, 2006
Hadirnya WiMAX bagi sebagian orang sama seperti halnya dulu Anda menantikan kapan layanan 3G bisa dinikmati. Meski bukan lagi sekadar topik presentasi di seminar dan kuliah, kini pengguna nirkabel benar-benar dibuat penasaran dengan WiMAX ini.

Dengan jaya jangkau hingga 50 km (tergantung frekuensi yang digunakan), WiMAX dapat menangani kecepatan data hingga 100 Mbps (hasil dari uji coba operator Telia Sonera). Dengan kecepatan itu Anda bisa mendownload layanan bergerak dengan kualitas gambar setara HDTV (lebih jernih di atas kualitas gambar DVD) di ponsel.

Wimax sendiri adalah standar internasional tentang broadband yang dibuat oleh organisasi nirlaba yang merupakan kumpulan beberapa perusahaan pembuat peranti telekomunikasi berdasarkan standar nirkabel IEEE 802.16, yaitu standar MAN (Metropolitan Area Network) dan HiperMAN dari ETSI (European Telecommunications Standards Institute).

WiMAX nantinya akan dipakai sebagai alternatif untuk mendistribusikan akses jaringan internet di masyarakat luas, seperti yang sudah dilakukan oleh teknologi ADSL atau HotSpot dari standar Wireless LAN 802.11.

Saat ini forum WiMAX telah didukung oleh banyak vendor besar Alcatel, Nortel, Siemens, Qwest, telenor, dan lainnya, hal ini menunjukkan bahwa pada dua tahun ke depan, makin banyak operator untuk mengembangkan teknologi broadband kecepatan tinggi yang masuk kategori 4G ini. Adanya standar WiMAX di 802.16e ini jelas akan mendukung pengadaan peranti pendukung WiMAX. Ini tentunya akan melanjutkan ponsel dan PDA phone dengan fitur pelengkap Wi-Fi yang ada sekarang, lalu selanjutnya akan dilengkapi dengan WiMAX.
 
posted by Admin at 9:51 AM | Permalink